Minggu, 04 November 2012

Buat kamu yang masih suka Galau

“2012 ga galau? Ga gaul loe!!”..
Hehe pernyataan yang logis kali yaa?! Kalo abad 18-19 disebut Industrial era, mungkin abad 21 ini disebut Kegalauan era kali ya?! Hehe.. Bahkan bukan cuma remaja biasa aja yang terserang VMJ -alias Virus Merah Jambu yang kemudian dapat dikonversikan menjadi Kegalauan-, tapi para ADS terserang juga!! Gawat pangkat 2 nih!! #lebay.
Ada beberapa tips yang Insya Allah bisa membantu buat kamu yang masih suka galau gara gara “doi” dan mau berubah nih, hasil pertapaan dan perantauan selama puluhan tahun #halaah, cekidot guys!!

1.Niat Untuk Berubah
Rasulullah sholallahu ‘alaihi wassalam bilang di salah satu Hadits Arba’in “Sesungguhya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang akan mendapatkan apa yang dia niatkan.” (HR. Bukhari, Jami’ush Shahih, no. 45, 163; Muslim, Jami’ush Shahih, no.  1907 ) . Jadi, apa yang kamu niatkan, itulah yang akan kamu dapat, kalo kamu sungguh-sunggguh Insya Allah, Allah akan meneguhkan hati kamu..

2.Curhat
Curhat terbaik sepanjang masa, adalah curhat sama Allah alias doa. Keluarin deh tu unek unek yang ada di hati kita, sekaligus minta yang terbaik versi Allah bukan versi kita!! Coba deh simak ayat berikut “Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”. (Q.S. Al Baqarah: 216).. Ayat disamping kayanya cukup jelas deh maknanya,bahwa setiap yang kita lakukan dan kita senangi hal tersebut belum tentu hasilnya akan positif apalagi baik buat kita. Nah, tempat curhat yang kedua yaa ortu kita,secara mereka lebih tua dan lebih berpengalaman bukan, ortu kita juga ga akan bongkar rahasia ke siapa siapa kok. Yang terakhir, adalah sahabat seperjuangan dan satu gender tentunya *jangan sampe Ikhwan modus ke Akhwat atau sebaliknya dengan dalih curhat*.

3.Lupakan semua kenangan manis & jangan coba PACARAN
Kalo ternyata kamu sempet pacaran en putus, mending gausah inget inget semua kenangan manis sama doi, banyak banyak bersyukur kamu udah “diputuskan” oleh Allah dari hubungan gak jelas + ngambang. Lupain semua kenangan kamu ama doi ketika pedekate dulu, ketika belajar bareng, jalan bareng, ngaji bareng ato dakwah bareng *bohong banget ini XD*. Nah, buat yang belum pernah pacaran dan berencana untuk pacaran, buang deh jauh jauh rencana ga guna kaya gitu! Bahkan kamu harus extra bersyukur karena belum ternoda, inget perintah Allah dalam Qur’an surah Al Israa’ ayat 32 : Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.”. Trus kalo ga cepet cepet nembak,keburu diambil orang donk? Loh, emang orang yang bakal macarin itu bakal langsung nikahin si doi apa?! Gausah takut!! Kaya gaada Ikhwan/Akhwat laen aja!!. Trus ana harus ngapain, akh? Doa en SIMPATI alias simpan dalam hati. Inget ga, kisah cintanya Ali bin Abi Thalib radiyallahu anhu dengan putri Rasulullah SAW, Fatimah Azzahra radiyallahu anha? Awalnya mereka harus berjuang memendam perasaan cinta mereka, Ali harus tertohok dua kali ketika Abu Bakar dan Umar melamar Fatimah, namun kesabaran Ali akhirnya berbuah manis, Fatimah menolak lamaran dua Sahabat yang paling utama tadi. Dengan bujukan teman temannya, Ali akhirnya memberanikan diri melamar Fatimah dengan mahar baju besi. Dalam suatu riwayat dikisahkan bahwa suatu hari setelah keduanya menikah, Fatimah berkata kepada Ali, “Maafkan aku, karena sebelum menikah denganmu, aku pernah satu kali merasakan jatuh cinta kepada seorang pemuda dan aku ingin menikah dengannya”,Ali pun bertanya mengapa ia tetap mau menikah
dengannya, dan apakah Fatimah menyesal menikah dengannya. Sambil tersenyum Fatimah menjawab, “Pemuda itu adalah dirimu”.



4. Cari Kesibukan Lain

Sibukkan diri dengan mencari kegiatan lain yang lebih bermanfaat, kalo kegiatan kamu di Rohis sebagai ADS masih kurang juga menyibukkan kamu, bisa tuh masuk komunitas-komunitas yang nilainya positif, ato ga aktif berorganisasi di masyarakat, di karang taruna ato bisa juga bikin komunitas Remaja Masjid di lingkungan. Dari Abu Hurairah radiyallahu anhu berkata, telah bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam: 
“Diantara kebaikan Islam seseorang ialah ia meninggalkan apa saja yang tidak penting baginya.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).


Kayanya cukup sampe sini deh tips singkatnya, moga bermanfaat buat temen-temen yang masih galau aamiin..

Wassalamu’alaykum Warrahmatullahi Wabarakatuh..

Takbir!! Allahu Akbar!!

1 komentar:

Abitd Muhtadin mengatakan...

Harus jadi domain .com

Posting Komentar

 
Islam Ornamental Art